Jurnal Perkuliahan Topik 2 dan 3 Komputer dan Perangkat Seluler

 Komputer dan Perangkat Seluler


Di masa Revolusi 4.0, dunia Teknologi Informasi memang sudah melekat dan tidak bisa di lepaskan dari kehidupan. Perkembangan teknologi informasi yang kian berkembang lah yang menjadi alasan terus di kembangkannya inovasi-inovasi untuk membuat alat yang lebih efesien didalam teknologi informasi.


Beberapa contoh dari komputer dan perangkat seluler diantaranya:


1. Laptop

Sumber: consumer.huawei.com

Sebuah laptop adalah komputer pribadi yang dapat dipindahkan dan dibawa dengan mudah sehingga dapat digunakan di banyak tempat. Mayoritas laptop mempunyai fitur yang sama dengan komputer, seperti mampu menjalankan perangkat lunak dan mengelola berkas. Namun, laptop cenderung lebih mahal daripada komputer desktop.




2. Tablet


Sumber: pcmag.com


Tablet adalah perangkat menyerupai komputer yang bisa digunakan untuk telepon, mengirim dan menerima pesan singkat, browsing internet, nonton video, mendengarkan musik, dan berbagai hal lainnya.




3. Desktop


Sumber: https://turbofuture.com/


Komputer desktop atau juga dikenal Perangkat Desktop adalah sejenis komputer pribadi yang dirancang untuk penggunaan biasa dan ditempatkan pada lokasi yang tunggal atau ditempatkan pada meja yang sesuai ukuran dan kebutuhan daya komputer itu sendiri. Komputer Desktop terdiri dari beberapa perangkat keras seperti power supply, motherboard (termasuk komponen yang tertancap disana), disk penyimpanan, keyboard, mouse, monitor, dan printer.




4. Server


Sumber: https://www.dicoding.com/


Server adalah suatu sistem komputer yang mempunyai layanan khusus sebagai penyimpanan data. Peran server sangat penting dalam mengirim atau menerima data maupun informasi yang tersedia.




5. Terminal


Sumber: https://www.liputan6.com/


Terminal adalah komputer, biasanya dengan daya pemrosesan terbatas , yang memungkinkan pengguna mengirim data ke dan/ atau menerima informasi dari server, atau komputer induk . contoh dari perangkat terminal adalah Mesin ATM.




6. Superkomputer


Sumber: https://id.wikipedia.org/


Super komputer adalah komputer dengan kinerja super/tinggi dibandingkan dengan komputer biasa. Kinerja dari super komputer dapat ditentukan dari kemampuan perhitungan dan kapasitas dari super komputer tersebut.




7. Komputasi Awan (Cloud)

Sumber: id.wikipedia.org


Sederhananya, cloud computing (komputasi awan) adalah metode penyampaian berbagai layanan melalui internet. Sumber daya yang dimaksud contohnya adalah aplikasi seperti penyimpanan data, server, database, jaringan, dan perangkat lunak.




Perangkat Seluler

Ponsel cerdas adalah ponsel berkemampuan Internet yang biasanya juga menyertakan kalender, buku alamat, kalkulator, buku catatan, game, browser, dan berbagai aplikasi lainnya. Perangkat seluler awalnya di gunakan hanya untuk melakukan text messeging dan melakukan panggilan. namun kian lama fungsi dari perangkat seluler akhirnya mengalami perkembangan yang sangat pesat.



1. Kamera Digital


Sumber: https://www.yatekno.com/


Kamera digital adalah sebuah perangkat elektronik yang digunakan untuk memvisualisasikan keadaan sekitar menggunakan sebuah sensor dalam format digital dan disimpan pada media penyimpanan digital (memori).




2. Resolusi


Sumber: https://support.humblebundle.com/


Di dalam sebuah gambar digital terdapat istilah resolusi atau kualitas gambar. dimana secara umum gambar digita dapat di kelompokkan menjadi 2 yaitu bitmap dan vector.




3. Pemutar Audio


Sumber: https://www.audiophileon.com/


Pemutar media portabel (portable media player, PMP), atau pemutar audio digital (digital audio player, DAP), adalah peranti elektronik konsumen yang dapat menyimpan dan memutar media digital. Data umumnya disimpan dalam cakram keras, mikrokandar (microdrive), atau memori kilat (flash memory).




4. Pemutar Media

Sumber: https://shopee.co.id/


Pemutar media (Inggris: media player) adalah istilah umum untuk mengacu kepada perangkat lunak komputer yang dapat memainkan berkas multimedia. Kebanyakan pemutar media dapat memainkan berkas audio dan video.




5. Perangkat Game


Sumber: https://www.cnet.com/


Game device atau konsol permainan adalah sebuah mesin elektronik yang dirancang khusus untuk memainkan permainan video.



Port dan Koneksi

Port adalah titik di mana perangkat periferal menempel atau berkomunikasi dengan komputer atau perangkat seluler sehingga perangkat periferal dapat mengirim data ke atau menerima informasi dari komputer atau perangkat seluler. Port USB , kependekan dari port bus serial universal, dapat menghubungkan hingga 127 perangkat periferal yang berbeda bersama-sama dengan satu konektor.


1. Perangkat Wireless (Nirkabel)

Sumber: https://mattanews.co/


Jaringan nirkabel adalah teknologi yang dapat menghubungkan dua atau lebih perangkat untuk berkomunikasi tanpa harus menggunakan kabel dalam transmisi data.




Proteksi Perangkat Keras

Pelindung lonjakan, juga disebut penekan lonjakan, menggunakan komponen listrik untuk menyediakan aliran arus yang stabil dan meminimalkan kemungkinan tegangan lebih mencapai komputer dan peralatan elektronik lainnya


1. Power Supply


Sumber: https://meesenpdx.com/

Secara sederhana, power supply (catu daya) adalah komponen yang memasok daya ke satu atau bahkan lebih beban listrik. Jadi, power supply ini dirancang untuk mengubah beberapa bentuk energi yang berbeda, seperti matahari, energi mekanik, kimia, hingga listrik.




Masalah Kesehatan Penggunaan Teknologi

  • Cedera regangan berulang (RSI) adalah cedera atau gangguan pada otot, saraf, tendon, ligamen, dan sendi menggabungkan kenyamanan, efisiensi, dan keamanan ke dalam desain barang di tempat kerja
  • Computer vision syndrome (CVS) adalah kondisi kesehatan terkait teknologi yang mempengaruhi penglihatan.

Comments

Popular posts from this blog

Tugas Kelompok Karir pada Bidang IT

Jurnal Perkuliahan Topik 7 dan 8

Jurnal Perkuliahan Topik 6 Computing Components